Bukti Allah Maha Pengampun


Assalamu' alaikum ...

Saudaraku ... Salah satu bukti bahwa Allah Maha Pengampun dapat kita simak pada hadits tentang fadilah wudhu di bawah ini:

“Tiada seorang berwudhu, berkumur dan memasukkan air ke lubang hidung dan mengeluarkanya, kecuali keluar pulalah dosa-dosa mulut dan hidung. Dan ketika membasuh muka sesuai perintah Allah, maka lenyaplah dosa yang diperbuat oleh muka bersama tetesan air. Dan ketika membasuh kedua tangan sampai siku, maka lenyap pulalah dosa-dosa jari bersama tetesan air. Dan mengusap setengah kepala, maka lenyaplah dosa dari ujung rambut mengiringi tetesan air. Dan ketika membasuh kedia kaki, maka jatuhlah segala dosa kaki mengiringi tetesan air.” (HR Muslim)

Inilah dahsyatnya wudhu, selain dapat memberikan kesegaran tubuh karena bersentuhan dengan air (hydro therapy), dan dapat meningkatkan level seseorang menjadi “orang suci”, juga dapat menggugurkan dosa-dosa yang telah kita lakukan. Terima kasih ya Allah, yang Maha Pengampun.

Namun demikian, seyogyanya kabar gembira ini tidak lantas membuat kita asyik dengan terus menerus melakukan perbuatan dosa, bukan?

Wassalamu’ alaikum …